BREAKING NEWS

Peran Pikiran Bawah Sadar, Amygdala dan RAS dalam kehidupan kita

Untuk bisa memiliki kehidupan yang lebih baik, kita perlu mengenal 3 hal , yang kesemuanya ada di dalam otak kita.

1. Pikiran Bawah Sadar, merupakan 88% bagian pikiran kita. Disinilah tersimpan semua data kehidupan kita sejak sebelum lahir sampai saat ini. Sebagian besar data yg tersimpan adalah turunan dari data yg masuk pada usia 0-7 tahun, kemudian diperkuat yg masuk usia 8-14 tahun. Data yg berlawanan dg data awal tidak disimpan alias ditolak, sedang yg sesuai akan disimpan. Sehingga data yg diperoleh sejak 0-7 tahun itu akan semakin kuat dan kuat. Disinilah sebenarnya pola pikir miskin dibentuk oleh lingkungan Anda. Program pikiran salah tentang uang seperti "Uang tidak dibawa mati", "uang penyebab pertengkaran", "orang kaya itu penindas" dsb, akan membuat Anda terus menerus kesulitan mendapatkan uang.

2. Amygdala, dua buah organ kecil sebesar biji kacang tanah yg letaknya di tengah otak setinggi mata. Amygdala akan bereaksi jika kita keluar dari coba nyaman kita. Misal Anda terbiasa mengendarai mobil dg kecepatan 60 km per jam. Suatu saat Anda mengendarai dg kecepatan 100 km/jam, maka Amygdala akan bereaksi dg memberi bisikan bisikan agar Anda menurunkan kecepatan. Ini juga berlaku ketika Anda melakukan hal hal yg tidak biasa Anda lakukan di bidang bisnis atau keuangan, meskipun secara sadar Anda tahu itu baik. Amygdala akan memberi "bisikan bisikan jahat" agar Anda berhenti melakukannya. Amygdala akan merangsang keluarnya *hormon kortisol* yg akan menyebabkan perasaan tidak enak alias stress. Sampai Anda menghentikan apa yg Anda lakukan itu.

3. Reticular Activating System (RAS), terletak di batang otak, berfungsi utk filter yg menyaring informasi yg bisa disimpan di bawah sadar. Fungsi lain juga utk membuat kita fokus kepada sesuatu. Misal ketika Anda membeli sebuah mobil Avanza warna silver. Maka mendadak di jalan Anda melihat banyak sekali mobil avanza silver, padahal tadinya tidak nampak. Penampakan banyak Avanza silver itu adalah kerja RAS yg menyaring dan menyajikan informasi tertentu.
Contoh lain ketika Akan tidur, Anda memutuskan utk bangun jam 3 pagi. Maka tepat jam 3 pagi Anda pasti bangun. Apakah setelah itu Anda bangkit dari tempat tidur atau tertidur lagi, itu masalah lain. Tetapi RAS yg tidak pernah tidur akan membangunkan Anda tepat pada jam yg diinginkan.

Jika Anda tidak bisa mengendalikan ke 3 komponen pikiran tadi, maka usaha apapun yg secara sadar Anda lakukan untuk merubah nasib akan sia sia. Anda yg sejak kecil sdh merasa nyaman dg apa yg Anda lakukan sekarang (kekurangan uang dan bekerja mencari uang), kemudian ingin "merubah nasib", dan mencoba keluar dari kondisi kekurangan uang seperti saat ini, akan gagal. Kecuali Anda mengerti dan mewaspadai kerja ke 3 organ tadi, kemudian secara sadar mencari cara mengontrolnya. Tanpa berani melakukan hal itu, maka secara keuangan Anda akan kembali ke jalan yg benar menurut Anda, yaitu bekerja mencari uang dan selalu kekurangan uang.

Dalam hidup ini, kita bisa meminta apa saja dengan cara yg disebut Law of Attraction atau hukum ketertarikan. Dengan cara tertentu yg nanti juga akan diajarkan, Anda bisa dengan mudah meminta tempat parkir, jalan lancar, uang sejumlah tertentu, mobil, rumah dsb. Tentu semua atas seijin Allah.

Ada 1 permintaan yg sulit dikabulkan yaitu PENINGKATAN PENGHASILAN YG BESAR. Karena jika permintaan ini dikabulkan maka semua aspek kehidupan kita akan berubah dan si Amyg ini tidak akan suka. Dia maunya Anda hidup tenang seperti yg sekarang ini atau dalam bahasa jawa disebut STATUS QUO.

Hari ini Amygdala Anda akan aktif luar biasa. Dia akan menyuguhkan ke Anda segala macam data dan argumentasi yang (tentunya) Anda anggap benar. Tujuannya cuma satu, jangan sampai Anda berubah dengan mendengarkan 2 ATBS program kaya itu karena ketenangan hidup Anda sedang terancam.

Selama belasan tahun saya membimbing orang, tidak banyak orang yg bisa mengalahkan amygdalanya.

Karena itu bahwa musuh terbesar kita adalah diri kita sendiri. Atau dalam bahasa saya, amyg

Dr Sigit Setiawadi SpOG

Share this:

Motivasi Terbaru

Scroll to top
 
Copyright © 2014 SUKSES MATIC | TRAINED ENTREPRENEUR (TE). Designed by OddThemes